Kamis, 27 Juni 2019

Catatan Harian #8 Love Hate Relationship

Anak ayam yang ditolak oleh induknya kemarin, pagi ini resmi diberi nama. Gunhoo namanya. Mengambil dari nama salah satu peserta The Return of Superman (TROS) sebuah pertunjukan televisi asal Korea. Ibu yang beri nama. Ibu keracunan lihat TROS karena aku juga suka lihat. Acara yang menampilkan bagaimana para ayah mengasuh anak tanpa bantuan ibu dan orang lainnya sukses mencuri perhatian kami.

Aku dan ibuku memiliki hubungan yang menurutku rumit sebagai orang jawa. Budaya Jawa yang sopan tentu tidak akan memperkenankan berbicara sembarang kepada orang tua. Sedangkan aku kadang memakai nada bahasanya mamak beti asal Medan. Aku tidak terbiasa memakai bahasa jawa kromo, tingkatan tertinggi untuk berbicara dengan orang.

Kalau mengingat bagaimana hubungan kami, aku masih jauuuhhh dari dewasa. Ibuku yang perfeksionis dan konservatif sangat bertentangan dengan aku yang terlalu santai. Soal keenceran otak dan sudut pandang kadang membiat kami bersitegang. Ibuku yang lebih cerdas secara logika sering kali tidak sejalan pikir denganku ketika membahas sesuatu. Konflik-konflik semacam itu sering kali muncul dengan sifatku yang keras kepala.

Dipikir-pikir sebenarnya kami memiliki banyak kesamaan dan interest yang sama. Seperti soal selera soal keindahan, hiburan, cireng, hemat sumber daya yang beliau ajarkan, dll.

Aku ingin belajar berkomunikasi yang baik denganmu.. Maafkan aku ya!

Tertanda anakmu yang masih ngenyelan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar